Daftar Blog Saya

Sabtu, 01 Juni 2013

PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN

PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN Secara teknis , strategi pembelajaran adalah metode dan prosedur yang ditempuh oleh siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan instruksional berdasarkan materi pengajaran tertentu dan dengan bantuan unsur penunjang tertentu pula [ hamalik,1994]. Dalam hal ini , twelker [ dalam tim pengajar, 2000 ] mengemukakan bahwa pada dasarnya strategi pembelajaran mencakup empat hal, yaitu; 1. Penetapan tujuan pengajaran . 2. Penetapan sistem pendekatan pembelajaran . 3. Pemilihan dan penetapan metode , teknik dan prosedur pembelajaran . termasuk penetapan alat,media, sumber dan fasilitas pengajaran serta penetapan langkah – langkah strategi pembelajaran [ kegiatan pembelajaran dan pengolahan waktu ] 4. Penetapan kriteria keberhasilan proses pembelajaran dari dan dengan evaluasi yang digunakan. Sehubungan dengan penetapan strategi pembelajaran , ada empat masalah pokok yang sangat penting yang dapat dijadikan pedoman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran agar berhasil sesuai dengan yang diharapkan [ djamarah, 2002 ] , yaitu ; 1. Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan . 2. Memilih sistem pendekatan pembelajaran berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat . 3. Memilih dan menetapkan prosedur , metode , dan teknik pembelajaran yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh para guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya . 4. Menetapkan norma – norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh para guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik untuk penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan Namun demikian, dalam pemilihan dan penetapan strategi pembelajaran ada beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan antara lain; 1. Kesesuaian dengan tujuan instruksional yang hendak dicapai . 2. Kesesuaian dengan bahan bidang studi yang terdiri dari aspek –aspek pengetahuan , keterampilan , sikap dan nilai . 3. Strategi pembelajaran itu mengandung seperangkat kegiatan pembelajaran yang mungkin mencakup penggunaan beberapa metode pengajaran yang relevan dengan tujuan dan materi pelajaran . 4. Kesesuaian dengan kemampuan profesional guru bersangkutan terutama dalam rangka pelaksanaannya dikelas . 5. Cukup waktu yang tersedia, karena erat kaitannya dengan waktu belajar dan banyaknya bahan yang harus disampaikan . 6. Kesediaan unsur penunjang, khususnya media instruksional yang releven dan peralatan yang memadai . 7. Suasana lingkungan dalam kelas dan lembaga pendidikan secara keseluruhan . 8. Jenis –jenis kegiatan yang serasi dengan kebutuhan dan minat siswa, karena erat kaitannya dengan tingkat motivasi belajar untuk mencapai tujuan instruksional .